Monday, February 1, 2010

MESIN DIESEL (3)


Ruang Pembakaran (Combustion Chamber)


Ruang pembakaran adalah ruang yang tercipta diantara piston (pada posisi TMA), blok silinder, dan kepala silinder. Pada ruang inilah ledakan utama terjadi. Pada kendaraan mesin diesel, terdapat beberapa tipe ruang pembakaran yang berbeda menurut sistem penginjeksian bahan bakar.
Tipe ruang melingkar (Swirl chamber) 

Gambar A adalah tipe Swirl Chamber, dimana bahan bakar tidak langsung diinjeksikan ke ruang pembakaran utama, tetapi ke Swirl Chamber terlebih dulu. Swirl Chamber memiliki ruang melingkar berbentuk bola pada bagian atas ruang pembakaran utama. Ruang melingkar (swirl chamber) menghubungkan ruang pembakaran dengan saluran pemindah (transfer passage). Selama kompresi, udara mengalir ke dalam ruang melingkar untuk menciptakan putaran angin yang kuat. Nozzle injeksi menginjeksikan bahan bakar ke dalam ruang melingkar (swirl chamber).

Tipe injeksi langsung Direct Injection type
Gambar B adalah tipe ruang pembakaran dimana bahan bakar diinjeksikan secara langsung ke ruang pembakaran. Tipe Injeksi Langsung memiliki ruang pembakaran yang terbentuk diantara kepala silinder dan piston, dan bahan bakar diinjeksikan langsung dari nozzle injeksi ke dalam ruang pembakaran. Tekanan injkesi pada tipe ini lebih besar daripada tipe tidak langsung (Swirl Chamber)


No comments:

Post a Comment