Friday, January 1, 2010

Belajar Menulis ber-Bahasa Inggris dengan ImTranslator Mozilla Firefox

Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan dalam berkomunikasi di dunia. Hal ini menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa asing utama yang harus dikuasai. Terlebih sekarang ini dimana persaingan kerja yang lingkupnya tidak lagi lokal tapi internasional. Artinya, komunikasi yang akan digunakan tentunya lebih banyak adalah bahasa Inggris. Hal inilah salah satu kendala tenaga kerja lokal kurang dapat bersaing dengan tenaga kerja asing. Oleh karenanya, mau tidak mau, jika ingin dapat bersaing dengan tenaga kerja asing nantinya, maka Bahasa Inggris mutlak harus dikuasai.

Aku sendiri sebenarnya juga ga bisa berbahasa Inggris secara aktifEmbarrassed. Maksudnya, kalau sekedar baca-baca buku berbahasa Inggris sih “litle-litle I can”…tapi, kalau buat ngobrol pake English, paling bisanya “yes, I know”, “I don’t know”, “I’m fine, thanks” dan semacamnya.

Sebenarnya aku belajar English sudah dari SMP dulu, cuman kendalanya, dan ini yang paling sering terjadi pada kebanyakan kita, aku gak punya temen yang bisa diajak ngomong pake English. Akhirnya, bisanya English ya cuman pasif.

Oya, buat menulis dalam bahasa Inggris pun, aku juga kesulitan. Dalam pikiran sebenarnya sudah terbayang apa yang mau ditulis, cuman menerjemahkannya dalam Bahasa Inggris, nah.. itu yang susah. Sudah mikirin “apa ya bahasa Inggris-nya merakit…, melontarkan…., dsb..” trus lagi mikirin “grammarnya udah bener lum ya?”. Ah, pusing ahCrying. Akhirnya …ya tutup aja bukunya. Kalau ga kepaksa banget karena PR harus dikumpul, ogah deh pusing-pusing.

Nah, baru-baru ini aku menemukan program translator (penerjemah) yang bisa menerjemahkan kata atau kalimat dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Tidak cuman itu aja, bisa juga menerjemahkan ke bahasa-bahasa lain di dunia seperti Bahasa Spanyol, Jerman, Cina dan masih banyak lagi. Beerapa program tersebut ada yang berdiri sendiri sebagai software, ada juga yang ikutan di suatu software, yang istilahnya “adds on”. Nah, yang akan kubahas adalah program yang kedua ini.

Dibanding program-program penerjemah lainnya yang pernah kupakai, ini yang paling luar biasa. Maksudnya, hasil terjemahannya hampir sempurna. Memang masih perlu juga untuk dikoreksi, namun tidak sebanyak program yang lain seperti Trans Tool misalnya. Sayangnya untuk menggunakan software ini, kita harus online, karena software ini termasuk add on pada software browser Mozilla Firefox. Jadi ya harus install dulu browser ini di komputer. Kemudian lihat pada menu Tools, apakah sudah ada menu ImTranslator. Kalau sudah ada klik aja pada menu tersebut. Kemudian akan muncul layar yang disitu terdapat tempat teks yang akan diterjemahkan dan teks terjemahan. Kita dapat memilih dari bahasa apa yang akan diterjemahkan dan ke bahasa apa hasil terjemahannya. Cukup gampang sekali penggunaannya. Kita tinggal ketikkan kalimatnya…klik translate ……lihat deh hasilnya dan tinggal edit dikit. Mau menerjemahkan paragrap? Bisa juga. Tapi ingat, batasan maksimalnya karakternya dibatasi sampai 1000 aja. Jadi jika ingin menerjemahkan banyak paragrap dapat dilakukan secara bertahap. Jika kamu membaca post-ku berjudul Principle of Measurement, mungkin banyak yang menyangka aku pinter bahasa Inggris. Padahal sebenarnya aku menulis dalam bahasa Indonesia lalu kuterjemahkan pake ImTranslator, trus diedit-edit dikit lalu publish. Jadi deh..

Bagi yang belum ada menu -nya, bisa ditambahkan dengan cara klik pada menu Tools, kemudian klik pada menu Add-on. Akan muncul layar baru, kemudian klik pada menu Get Add-ons. Tunggu beberapa saat untuk loading…dan… jika beruntung akan muncul menu pilihan ImTranslator. Kemudian klik Install, tunggu beberapa saat lagi untuk loading …dann….klik Install now. Tunggu proses instalasi selesai. Restart ulang Mozilla Firefox-nya dan cek menu ImTranslator.

Aku hanya berharap bahwa semuanya sudah tahu akan hal ini dan dengan begitu akan membuktikan bahwa aku ini “si telmi”, “kurang gaul”, “gaptek”,”dasar wong ndeso”. Jika demikian adanya, maka aku mengucapkan selamat kepada semua yang udah tahuOpen-mouthed. Ini artinya SDM Indonesia akan dapat bersaing dengan “wong bule” di masa yang akan datang. Amin

No comments:

Post a Comment