Sunday, January 31, 2010

MESIN DIESEL (1)



Mesin kendaraan secara umum dibedakan berdasarkan bahan bakar yang digunakan atau dalam proses pembangkitan tenaganya. Dapat disebutkan diantaranya mesin uap (steam engine), mesin listrik, mesin tenaga matahari (sollar cell) dan yang paling banyak adalah mesin bensin (gasoline engine) dan mesin diesel (diesel engine). Dalam artikel ini akan dibahas tentang mesin diesel.

Perbedaan antara mesin diesel dan mesin bensin

Secara prinsip, proses pembangkitan tenaga pada mesin diesel sama dengan prose pembakitan tenaga pada mesin bensin. Yang berbeda adalah bahan bakar yang digunakan, mekanisme yang berbeda, tekanan pembakaran yang lebih tinggi, namun menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik daripada efisiensi bahan bakar mesin bensin.

Bagian-bagian Khusus

    1. Ruang pembakaran
      Berbeda dengan mesin bensin, kendaraan dengan mesin diesel tidak dilengkapi dengan sistem pengapian yang menggunakan percikan api dari busi untuk melakukan pembakaran. Mesin diesel mempunyai rasio kompresi yang tinggi, sehingga udara yang dikompresi memiliki tingkat panas yang cukup untuk membakar bahan bakar yang diinjeksikan oleh injektor.

    2. Sistem pemanasan awal
      Untuk memudahkan kemampuan start mesin, mesin diesel memiliki sistem pemanasan awal yang menggunakan busi pijar (glow plug), dll. untuk memanaskan udara hisap.

    3. Sistem bahan bakar
      Mesin diesel memiliki pompa injeksi (injection pump) dan nozzle injeksi (injector) untuk menginjeksikan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran pada tekanan tinggi.

    No comments:

    Post a Comment