Thursday, January 21, 2010

Klasifikasi Kendaraan Berdasarkan Tenaga Penggerak


Kendaraan dapat diklasifikasikan berdasarkan tipe tenaga penggerak sebagai berikut:

  • Kendaraan mesin bensin

    Kendaraan tipe ini berjalan dengan mesin berbahan bakar bensin. Karena mesin bensin menghasilkan tenaga tinggi dengan ukuran mesin yang kecil, maka mesin berbahan bakar bensin umum digunakan pada kendaraan penumpang. Mesin yang serupa juga digunakan pada mesin CNG, mesin LPG dan mesin alkohol, yang menggunakan bahan bakar dengan tipe berbeda.

    CNG: Compressed Natural Gas

    LPG: Liquefied Petroleum Gas

  • Kendaraan mesin diesel

    Kendaraan tipe ini berjalan dengan mesin berbahan bakar diesel. Karena mesin diesel menghasilkan torsi yang besar dan menawarkan keekonomisan bahan bakar, maka mesin tersebut umum digunakan untuk truk dan SUV (Sports Utility Vehicle)

  • Kendaraan hybrid

    Kendaraan tipe ini dilengkapi dengan tenaga penggerak yang memiliki tipe yang berbeda, seperti mesin bensin dan motor listrik. Karena mesin bensin membangkitkan listrik, kendaraan tipe ini tidak memerlukan sumber luar untuk mengisi ulang baterai. Sistem penggerak roda menggunakan tegangan 270V, dan arus listrik 12V.

    Sebagai contoh: selama start, kendaraan tersebut menggunakan motor listrik yang menghasilkan tenaga tinggi meskipun kecepatannya rendah. Saat kecepatan kendaraan naik, maka akan mengoperasikan mesin bensin yang lebih efisien sifatnya pada kecepatan yang lebih tinggi. Dengan cara menggunakan sebaik-baiknya ke dua tipe tenaga penggerak ini, maka gas buang dapat dikurangi dan bahan bakar dapat lebih ekonomis.

  • Kendaraan listrik

    Kendaraan ini menggunakan tenaga baterai untuk mengoperasikan motor listrik. Tidak seperti bahan bakar, baterai memerlukan pengisian ulang. Kendaraan tersebut menawarkan banyak manfaat, termasuk tidak adanya gas buang dan suara yang rendah selama pengoperasian. Sistem penggerak rodanya menggunakan tegangan 290V, sedangkan arus listrik 12V.

  • Kendaraan berbahan bakar cell hybrid (Fuel cell hybrid vehicle)

    Kendaraan listrik ini menggunakan energi listrik yang diciptakan saat bahan bakar hidrogen bereaksi dengan oksigen di udara untuk membentuk air. Karena hanya mengeluarkan air, maka kendaraan ini dianggap sebagai kendaraan dengan tingkat polusi yang paling rendah, dan diperkirakan akan menjadi tenaga penggerak bagi generasi di masa datang.


     

No comments:

Post a Comment